PENGORGANISASIAN
DALAM SUATU PERUSAHAAN
1EB21
SELVIYANTI FEBRIARDI 28213363
SELVIYANTI FEBRIARDI 28213363
I.
PENDAHULUAN
Pertumbuhan ekonomi yang pesat
membuat persaingan antar perusahaan semakin ketat, dan banyak sekali perusahaan
yang nyaris bangkrut bahkan sampai gulung tikar akibat kondisi ekonomi yang
kurang stabil belakangan ini. Untuk itu sebuah perusahaan tentunya harus memiliki
struktur organisasi dan system manajerial yang baik untuk mengatur, mengawasi
dan menjalankan perusahaan demi sebuah tujuan yaitu membuat perusahaan menjadi
berkembang serta sukses menjual produknya dipasaran.
Dalam hal ini pemilik perusahaan
dan tim manajerial perusahaan harus jeli dalam melihat peluang maupun
kesempatan yang terbuka lebar untuk mensukseskan tujuan perusahaannya dan mampu
menyikapi persoalan, ataupun rintangan agar dapat dilewati dengan baik.
Anda pasti sudah sering mendengar
bahkan hafal teori management yang telah dikemukakan oleh para ahli ekonomi
dahulu. Tentunya dalam teori yang dikemukakan tersebut tanpa kita sadari telah
kita jalankan dalam setiap kegiatan kita. Termasuk jika anda ingin membuat
suatu perusahaan atau bagi anda yang sudah mendirikan suatu perusahaan tentunya
akan mempertimbangkan teori tersebut.
Itulah sebab saya membuat tulisan
mengenai “PENGORGANISASIAN DALAM SUATU
PERUSAHAAN” agar para blogger dapat memahami, serta mempertimbangkan
hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam memanage suatu perusahaan.
II. ISI
Disetiap
perusahaan pasti selalu mempunyai struktur organisasi untuk pembagian kerja
sesuai dengan keahlian yang mereka miliki. Salah satu kunci kesuksesan didalam
sebuah organisasi adalah tidak adanya gaya kepemimpinan yang otoriter,
karena sesorang tidak selamanya mau mengerjakan suatu hal karena keterpaksaan
atau tekanan dari seorang pemimpin yang memiliki wewenang lebih tinggi.
Walaupun
ia hanya seorang karyawan, tapi dia memiliki hak untuk mengajukan pendapatnya dan
memiliki hak untuk mengkritik rencana ataupun kebijakan yang ditetapkan. Dan sikap
sebagai seorang pemimpin pun seharusnya mempertimbangkan hal-hal yang telah
disampaikan sebagai bentuk penghargaan atas loyalitas anak buahnya kepada
perusahaan anda.
Selain
itu hubungan komunikasi antara pihak manajerial dengan pihak karyawan
haruslah baik. Sebab karyawan memiliki pengaruh langsung terhadap hasil
produksi, jika seorang pemilik perusahaan menginginkan hasil yang baik dan
sesuai dengan goals perusahaan maka ia perlu memotivasi para karyawannya
dengan memberikan insentif/ imbalan jika karyawan tersebut memenuhi
target yang diinginkan oleh perusahaan. Serta mendengarkan keluhan mereka
mengenai kekurangan-kekurangan yang ada.
Oleh
sebab itu, tidak semua orang dapat dikatakan sebagai pemimpin, karena seseorang
dapat dikatakan sebagai leadership jika ia mampu menggerakkan orang lain untuk
melakukan sesuatu, sesuai dengan yang dikehendaki (secara sukarela). Dan bertugas
sebagai pemimpin pun tidaklah mudah, seorang pemimpin harus memiliki sifat
kearifan/kebijaksanaan terhadap pengambilan suatu keputusan.
Terutama
jika anda sebagai pihak manajer , Anda perlu jeli dalam melihat peluang sukses
maupun peluang pangsa pasar agar anda dapat merencanakan dengan baik
langkah-langkah apa aja yang harus diambil serta harus dengan siapa saja kita
memiliki hubungan kerja sama dengan perusahaan lain yang terkait. Make a deal
dengan suatu perusahaan juga harus mempertimbangkan resiko kedepannya. Segala
sesuatunya harus memiliki rencana cadangan untuk mengantisipasi kemungkinan
buruk yang terjadi.
Seperti
contoh, jika didalam suatu Negara mengalami sebuah krisis ekonomi maka
sebaiknya anda jangan mengambil suatu resiko yang besar menurut anda, karena
ketidak stabilan ekonomi memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap profit
yang anda miliki.
II.
PENUTUP
Jika anda ingin membuat suatu
perusahaan atau berwirausaha, maka anda harus betul-betul memahami apa saja konsep
pengorganisasian yang telah anda pelajari sebelumnya kemudian ambilah hal-hal
yang baik dalam teori yang anda pelajari dan terapkan dengan melihat kondisi
yang akan anda hadapi, ingat! Seorang pemimpin harus menyingkirkan
keegoisannya, dan cobalah berfikiran arif dan bijak untuk memahami maupun
menghadapi setiap persoalan yang ada, agar dapat disikapi dengan bijak.
Saya sebagai penulih blog ini,
mohon maaf jika materi yang saya sampaikan masih jauh dari kata sempurna dan
bagus. Namun saya berharap dengan tulisan ini saya dapat memberikan manfaat dan
gambaran kepada para blogger bagaimana pengorganisasian yang baik bagi
perusahaan.
III.
DAFTAR
PUSTAKA
Widyatmini, Pengantar Bisnis, Gunadarma,
Jakarta, 1992
Tidak ada komentar:
Posting Komentar