Kamis, 21 November 2013

PENGORGANISASIAN DALAM SUATU PERUSAHAAN
1EB21
SELVIYANTI FEBRIARDI 28213363

I.             PENDAHULUAN
Pertumbuhan ekonomi yang pesat membuat persaingan antar perusahaan semakin ketat, dan banyak sekali perusahaan yang nyaris bangkrut bahkan sampai gulung tikar akibat kondisi ekonomi yang kurang stabil belakangan ini. Untuk itu sebuah perusahaan tentunya harus memiliki struktur organisasi dan system manajerial yang baik untuk mengatur, mengawasi dan menjalankan perusahaan demi sebuah tujuan yaitu membuat perusahaan menjadi berkembang serta sukses menjual produknya dipasaran.

Dalam hal ini pemilik perusahaan dan tim manajerial perusahaan harus jeli dalam melihat peluang maupun kesempatan yang terbuka lebar untuk mensukseskan tujuan perusahaannya dan mampu menyikapi persoalan, ataupun rintangan agar dapat dilewati dengan baik.

Anda pasti sudah sering mendengar bahkan hafal teori management yang telah dikemukakan oleh para ahli ekonomi dahulu. Tentunya dalam teori yang dikemukakan tersebut tanpa kita sadari telah kita jalankan dalam setiap kegiatan kita. Termasuk jika anda ingin membuat suatu perusahaan atau bagi anda yang sudah mendirikan suatu perusahaan tentunya akan mempertimbangkan teori tersebut.

Itulah sebab saya membuat tulisan mengenai “PENGORGANISASIAN DALAM SUATU PERUSAHAAN” agar para blogger dapat memahami, serta mempertimbangkan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam memanage suatu perusahaan.

II.            ISI
Disetiap perusahaan pasti selalu mempunyai struktur organisasi untuk pembagian kerja sesuai dengan keahlian yang mereka miliki. Salah satu kunci kesuksesan didalam sebuah organisasi adalah tidak adanya gaya kepemimpinan yang otoriter, karena sesorang tidak selamanya mau mengerjakan suatu hal karena keterpaksaan atau tekanan dari seorang pemimpin yang memiliki wewenang lebih tinggi.
Walaupun ia hanya seorang karyawan, tapi dia memiliki hak untuk mengajukan pendapatnya dan memiliki hak untuk mengkritik rencana ataupun kebijakan yang ditetapkan. Dan sikap sebagai seorang pemimpin pun seharusnya mempertimbangkan hal-hal yang telah disampaikan sebagai bentuk penghargaan atas loyalitas anak buahnya kepada perusahaan anda.

Selain itu hubungan komunikasi antara pihak manajerial dengan pihak karyawan haruslah baik. Sebab karyawan memiliki pengaruh langsung terhadap hasil produksi, jika seorang pemilik perusahaan menginginkan hasil yang baik dan sesuai dengan goals perusahaan maka ia perlu memotivasi para karyawannya dengan memberikan insentif/ imbalan jika karyawan tersebut memenuhi target yang diinginkan oleh perusahaan. Serta mendengarkan keluhan mereka mengenai kekurangan-kekurangan yang ada.

Oleh sebab itu, tidak semua orang dapat dikatakan sebagai pemimpin, karena seseorang dapat dikatakan sebagai leadership jika ia mampu menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu, sesuai dengan yang dikehendaki (secara sukarela). Dan bertugas sebagai pemimpin pun tidaklah mudah, seorang pemimpin harus memiliki sifat kearifan/kebijaksanaan terhadap pengambilan suatu keputusan.

Terutama jika anda sebagai pihak manajer , Anda perlu jeli dalam melihat peluang sukses maupun peluang pangsa pasar agar anda dapat merencanakan dengan baik langkah-langkah apa aja yang harus diambil serta harus dengan siapa saja kita memiliki hubungan kerja sama dengan perusahaan lain yang terkait. Make a deal dengan suatu perusahaan juga harus mempertimbangkan resiko kedepannya. Segala sesuatunya harus memiliki rencana cadangan untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang terjadi.

Seperti contoh, jika didalam suatu Negara mengalami sebuah krisis ekonomi maka sebaiknya anda jangan mengambil suatu resiko yang besar menurut anda, karena ketidak stabilan ekonomi memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap profit yang anda miliki.

II.          PENUTUP
Jika anda ingin membuat suatu perusahaan atau berwirausaha, maka anda harus betul-betul memahami apa saja konsep pengorganisasian yang telah anda pelajari sebelumnya kemudian ambilah hal-hal yang baik dalam teori yang anda pelajari dan terapkan dengan melihat kondisi yang akan anda hadapi, ingat! Seorang pemimpin harus menyingkirkan keegoisannya, dan cobalah berfikiran arif dan bijak untuk memahami maupun menghadapi setiap persoalan yang ada, agar dapat disikapi dengan bijak.

Saya sebagai penulih blog ini, mohon maaf jika materi yang saya sampaikan masih jauh dari kata sempurna dan bagus. Namun saya berharap dengan tulisan ini saya dapat memberikan manfaat dan gambaran kepada para blogger bagaimana pengorganisasian yang baik bagi perusahaan.

III.       DAFTAR PUSTAKA
Widyatmini, Pengantar Bisnis, Gunadarma, Jakarta, 1992


Tidak ada komentar:

Posting Komentar